Jasa SEOsentramedis.com

Septictank, Septictank biotech, Septictank biofil, Stp biotech, Stp biocomp, Septictank fiberglass, Toilet portable, Portable toilet, Bubuk bakteri, Bubuk pengurai bakteri

HOME PROFILE PRODUCT INFO & NEWS BROSUR HOW TO ORDER CONTACT
KATEGORI
1. Storage Tank Fibreglass (2)
2. Portable Toilet (1)
3. Panel Water Tank Biotech (1)
4. Septic Tank Biofil (0)
5. Septictank STP BIOTECH (3)

BROSUR
Pengertian STP

Pengolahan limbah adalah proses menghilangkan kotoran dari limbah air limbah dan rumah tangga, baik limpasan (limbah), domestik, komersial dan kelembagaan. Ini meliputi fisik, kimia, dan proses biologis untuk menghilangkan kontaminan fisik, kimia dan biologi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan aliran cairan limbah yang aman bagi lingkungan (atau diperlakukan limbah cair) dan limbah padat (lumpur atau diobati) cocok untuk pembuangan atau digunakan kembali (biasanya sebagai pupuk pertanian). Menggunakan teknologi canggih sekarang mungkin untuk menggunakan kembali limbah limbah untuk air minum, meskipun Singapura adalah satu-satunya negara untuk menerapkan teknologi tersebut pada skala produksi di produksi dari NEWater [2].

Origins of limbah

Limbah yang dihasilkan oleh perumahan, kelembagaan, perusahaan komersial dan industri. Ini termasuk rumah tangga cair limbah dari toilet, mandi, mandi, dapur, tenggelam dan sebagainya yang dibuang melalui saluran pembuangan. Di banyak daerah, limbah juga termasuk limbah cair dari industri dan perdagangan. Pemisahan dan pengeringan limbah rumah tangga ke greywater dan blackwater menjadi lebih umum di negara maju, dengan greywater yang diizinkan untuk digunakan untuk menyiram tanaman atau daur ulang untuk menyiram toilet.

Limbah mungkin termasuk limpasan Darurat. Pembuangan Limbah sistem mampu menangani stormwater dikenal sebagai sistem saluran pembuangan gabungan. Desain ini adalah umum ketika sistem pembuangan limbah perkotaan pertama kali dikembangkan, pada abad ke-20 ke-19 dan awal [3]:. 119 selokan Gabungan memerlukan fasilitas pengobatan yang jauh lebih besar dan lebih mahal daripada selokan sanitasi. Volume berat limpasan badai dapat membanjiri sistem pengolahan limbah, menyebabkan tumpahan atau overflow. Selokan sanitasi biasanya jauh lebih kecil dari selokan gabungan, dan mereka tidak dirancang untuk mengangkut stormwater. Backup mentah limbah dapat terjadi jika infiltrasi berlebihan / inflow (pengenceran oleh stormwater dan / atau air tanah) yang diizinkan masuk ke sistem saluran pembuangan saniter. Masyarakat yang telah urbanisasi pada pertengahan abad ke-20 atau yang lebih baru umumnya telah membangun sistem yang terpisah untuk pembuangan air (selokan sanitasi) dan stormwater, karena curah hujan menyebabkan arus sangat beragam, mengurangi limbah efisiensi pengolahan. [4]

Seperti curah hujan perjalanan di atas atap dan tanah, mungkin mengambil berbagai kontaminan termasuk partikel tanah dan sedimen lainnya, logam berat, senyawa organik, kotoran hewan, dan minyak dan lemak. (Lihat limpasan perkotaan.) [5] Beberapa yurisdiksi membutuhkan stormwater untuk menerima beberapa tingkat pengobatan sebelum dibuang langsung ke saluran air. Contoh proses pengobatan yang digunakan untuk stormwater termasuk kolam retensi, lahan basah, kubah dikuburkan dengan berbagai macam media filter, dan pemisah vortex (untuk menghilangkan padatan kasar).
Proses ikhtisar

Limbah dapat diobati dekat ke tempat itu dibuat, sistem desentralisasi (dalam septic tank, biofilter atau sistem pengolahan aerobik), atau dikumpulkan dan diangkut oleh jaringan pipa dan stasiun pompa ke fasilitas pengolahan kota, sistem terpusat (lihat pembuangan air dan pipa dan infrastruktur). Limbah pengumpulan dan pengolahan biasanya tunduk lokal, peraturan negara bagian dan federal dan standar. Sumber-sumber industri limbah sering membutuhkan proses perawatan khusus (lihat pengolahan air limbah industri).

Pengolahan limbah umumnya melibatkan tiga tahap, yang disebut primer, sekunder dan tersier perawatan.

    Pengobatan primer terdiri dari memegang sementara limbah tersebut dalam baskom diam di mana padatan berat dapat mengendap di bagian bawah sementara minyak, lemak dan padatan lebih ringan mengapung ke permukaan. Bahan mapan dan mengambang dihapus dan cairan yang tersisa dapat dibuang atau sasaran pengobatan sekunder.
    Pengobatan sekunder menghapus materi biologis terlarut dan tersuspensi. Pengobatan sekunder biasanya dilakukan oleh masyarakat adat, yang terbawa air mikro-organisme dalam habitat yang dikelola. Pengobatan sekunder mungkin memerlukan proses pemisahan untuk menghilangkan mikro-organisme dari air yang diolah sebelum debit atau pengobatan tersier.
    Pengolahan tersier kadang-kadang didefinisikan sebagai sesuatu yang lebih dari pengobatan primer dan sekunder untuk memungkinkan penolakan menjadi ekosistem yang sangat sensitif atau rapuh (muara, aliran rendah sungai, terumbu karang, ...). Air yang diolah terkadang didesinfeksi secara kimia atau secara fisik (misalnya, dengan laguna dan mikrofiltrasi) sebelum dibuang ke sungai, sungai, teluk, laguna atau lahan basah, atau dapat digunakan untuk irigasi lapangan golf, cara hijau atau taman. Jika cukup bersih, juga dapat digunakan untuk resapan air tanah atau keperluan pertanian.

Pretreatment

Pretreatment menghilangkan bahan-bahan yang dapat dengan mudah dikumpulkan dari kotoran mentah sebelum mereka merusak atau menyumbat pompa dan garis limbah dari clarifiers pengobatan primer (sampah, pohon anggota badan, daun, cabang dll).
Penyaringan
Artikel utama: Sieve

Air limbah influen melewati layar bar untuk menghapus semua benda besar seperti kaleng, kain, tongkat, paket plastik dll dibawa dalam aliran limbah. [6] Hal ini paling sering dilakukan dengan layar bar otomatis mekanis meraup tanaman modern yang melayani populasi yang besar, sementara pada tanaman yang lebih kecil atau kurang modern, layar manual dibersihkan dapat digunakan. Tindakan menyapu dari layar bar mekanik biasanya mondar-mandir sesuai dengan akumulasi pada layar bar dan / atau laju alir. Padatan dikumpulkan dan kemudian dibuang di TPA, atau dibakar. Bar layar atau layar mesh berbagai ukuran dapat digunakan untuk mengoptimalkan penghapusan padatan. Jika padatan kotor tidak dihapus, mereka menjadi entrained dalam pipa dan bagian yang bergerak dari pabrik pengolahan, dan dapat menyebabkan kerusakan besar dan inefisiensi dalam proses [7]:. 9
Grit removal

Pretreatment mungkin termasuk pasir grit atau saluran atau ruang, di mana kecepatan dari kotoran yang masuk disesuaikan untuk memungkinkan penyelesaian pasir, grit, batu, dan pecahan kaca. Partikel-partikel ini dihilangkan karena dapat merusak pompa dan peralatan lainnya. Untuk kecil sistem saluran pembuangan sanitasi, bilik grit mungkin tidak diperlukan, tetapi penghapusan grit yang diinginkan di pabrik yang lebih besar [7] Grit ruang datang dalam 3 jenis:. Horisontal grit chambers, aerasi grit ruang dan grit vortex ruang.
Arus pemerataan

Clarifiers dan pengobatan sekunder mekanik yang lebih efisien dalam kondisi aliran seragam. Cekungan Persamaan dapat digunakan untuk penyimpanan sementara puncak arus diurnal atau basah cuaca. Cekungan menyediakan tempat untuk sementara memegang limbah yang masuk selama pemeliharaan tanaman dan sarana menipiskan dan mendistribusikan pembuangan limbah beracun batch atau tinggi-kekuatan yang dinyatakan mungkin menghambat pengobatan sekunder biologi (termasuk limbah toilet portable, tangki kendaraan holding, dan Pumpers septic tank) . Arus cekungan pemerataan memerlukan kontrol debit variabel, biasanya mencakup ketentuan untuk bypass dan pembersihan, dan bisa juga menyertakan aerator. Pembersihan mungkin lebih mudah jika daerah ini seringkali hilir skrining dan penghapusan grit. [8]
Lemak dan minyak penghapusan

Dalam beberapa tanaman yang lebih besar, lemak dan minyak akan dihapus dengan melewatkan limbah melalui tangki kecil di mana skimmer mengumpulkan mengambang lemak di permukaan. Blower udara di dasar tangki juga dapat digunakan untuk membantu memulihkan lemak sebagai buih. Banyak tanaman, bagaimanapun, gunakan clarifiers primer dengan skimmer permukaan mekanik untuk menghilangkan lemak dan minyak.
Primer pengobatan

Pada tahap sedimentasi primer, limbah mengalir melalui tangki besar, biasa disebut "pra-cekungan menetap", "tank sedimentasi primer" atau "clarifiers utama". [9] Tank-tank yang digunakan untuk menyelesaikan lumpur, sementara lemak dan minyak naik ke permukaan dan skim off. Tangki pengendapan primer biasanya dilengkapi dengan pencakar mekanis didorong yang terus mendorong lumpur dikumpulkan menuju gerbong di dasar tangki di mana dipompa ke fasilitas pengolahan tinja [7] :9-11 Grease dan minyak dari bahan mengambang. Kadang-kadang bisa dipulihkan untuk saponifikasi.
Sekunder pengobatan

Pengobatan sekunder dirancang untuk secara substansial menurunkan isi biologis dari limbah yang berasal dari kotoran manusia, sampah makanan, sabun dan deterjen. Mayoritas tanaman kota memperlakukan minuman keras limbah diselesaikan dengan menggunakan proses biologis aerobik. Agar efektif, biota mengharuskan kedua oksigen dan makanan untuk hidup. Bakteri dan protozoa mengkonsumsi kontaminan organik biodegradable larut (misalnya gula, lemak, organik rantai pendek molekul karbon, dll) dan mengikat banyak fraksi kurang larut dalam flok. Sistem pengolahan sekunder diklasifikasikan sebagai sistem fixed-film atau ditangguhkan-pertumbuhan.

    Fixed-film atau sistem pertumbuhan terpasang termasuk filter trickling, biotowers, dan berputar biologi kontaktor, di mana biomassa tumbuh pada media dan kotoran melewati permukaannya. [7] :11-13 The angsuran tetap-film telah dikembangkan lebih lanjut menjadi Pindah Bed biofilm Reaktor (MBBR), dan Integrated Fixed-Activated Sludge Film (IFAS) proses. Sebuah sistem MBBR biasanya membutuhkan footprint yang lebih kecil dibandingkan ditangguhkan-pertumbuhan sistem. [10]
    Suspended pertumbuhan sistem termasuk lumpur aktif, di mana biomassa dicampur dengan limbah dan dapat dioperasikan dalam ruang yang lebih kecil daripada trickling filter yang memperlakukan jumlah yang sama air. Namun, tetap-film sistem lebih mampu mengatasi perubahan drastis dalam jumlah bahan biologis dan dapat memberikan tingkat penghapusan yang lebih tinggi untuk bahan organik dan padatan tersuspensi daripada sistem pertumbuhan tersuspensi. [7] :11-13

Filter roughing dimaksudkan untuk mengobati beban organik yang sangat kuat atau variabel, biasanya industri, untuk memungkinkan mereka untuk kemudian dirawat oleh konvensional proses pengobatan sekunder. Karakteristik termasuk filter diisi dengan media air limbah yang diterapkan. Mereka dirancang untuk memungkinkan pemuatan hidrolik tinggi dan tingkat tinggi aerasi. Pada instalasi yang lebih besar, udara dipaksa melalui media dengan menggunakan blower. Air limbah yang dihasilkan biasanya dalam kisaran normal untuk proses pengobatan konvensional.
Skema umum dari proses lumpur aktif.

Filter menghapus sebagian kecil dari bahan organik tersuspensi, sementara sebagian besar bahan organik mengalami perubahan karakter, hanya karena oksidasi biologis dan nitrifikasi yang terjadi di dalam filter. Dengan ini oksidasi aerobik dan nitrifikasi, padatan organik dikonversi menjadi massa ditangguhkan digumpalkan, yang lebih berat dan bulkier, dan dapat mengendap di bagian bawah tangki. Efluen filter karena itu melewati sebuah tangki sedimentasi, disebut clarifier tank, sekunder menetap sekunder atau tangki humus.
Lumpur aktif
Artikel utama: lumpur aktif

Secara umum, tanaman lumpur aktif mencakup berbagai mekanisme dan proses yang menggunakan oksigen terlarut untuk mempromosikan pertumbuhan flok biologis yang secara substansial menghilangkan bahan organik. [7] :12-13

Proses perangkap partikulat material dan dapat, dalam kondisi ideal, mengkonversi amonia menjadi nitrit dan nitrat pada akhirnya menjadi gas nitrogen. (Lihat juga denitrifikasi).
Sebuah cekungan permukaan aerasi yang khas (menggunakan motor-driven aerator mengambang)
Aerobik granular sludge
Artikel utama: granulasi Aerobik

Sistem lumpur aktif dapat diubah menjadi sistem aerobik lumpur granular (granulasi aerobik) yang meningkatkan manfaat lumpur aktif, seperti retensi biomasss meningkat karena settlability lumpur yang tinggi.
Permukaan-aerasi cekungan (laguna)

Banyak sistem pembuangan limbah kota kecil di Amerika Serikat (1 juta gal / hari. Atau kurang) menggunakan laguna aerasi. [11]

Proses oksidasi yang paling biologis untuk mengobati air limbah industri memiliki kesamaan penggunaan oksigen (atau udara) dan tindakan mikroba. Permukaan-aerasi cekungan mencapai penghapusan 80-90% dari BOD dengan waktu retensi dari 1 sampai 10 hari [12]. The cekungan mungkin berkisar di kedalaman 1,5-5,0 meter dan menggunakan motor-driven aerator mengambang di permukaan air limbah. [ 12]

Dalam sistem cekungan soda, para aerator menyediakan dua fungsi: mereka mentransfer udara ke dalam cekungan yang diperlukan oleh reaksi oksidasi biologi, dan mereka memberikan pencampuran yang diperlukan untuk penyebaran udara dan untuk menghubungi reaktan (yaitu, oksigen, air limbah dan mikroba) . Biasanya, para aerator permukaan mengambang dinilai untuk memberikan jumlah setara udara 1,8-2,7 kg O2/kW · h. Namun, mereka tidak memberikan pencampuran yang baik seperti biasanya dicapai dalam sistem lumpur aktif dan karena cekungan soda tidak mencapai tingkat kinerja yang sama sebagai unit lumpur aktif [12].

Proses oksidasi biologis yang sensitif terhadap suhu dan, antara 0 ° C dan 40 ° C, laju reaksi biologis meningkat dengan suhu. Kapal permukaan Kebanyakan soda beroperasi pada antara 4 ° C dan 32 ° C. [12]
Saring tempat tidur (bed pengoksidasi)
Artikel utama: menetes penyaring

Pada tanaman yang lebih tua dan orang-orang yang menerima beban variabel, tempat tidur trickling filter yang digunakan di mana minuman keras limbah diselesaikan tersebar ke permukaan tempat tidur terdiri dari kokas (batubara dikarbonisasi), chip kapur atau media plastik khusus dibuat. Media tersebut harus memiliki area permukaan besar untuk mendukung biofilm yang terbentuk. Minuman keras biasanya didistribusikan melalui lengan semprot berlubang. Para menetes minuman keras didistribusikan melalui tempat tidur dan dikumpulkan dalam saluran air di dasar. Ini saluran air juga menyediakan sumber udara yang merembes ke atas melalui tempat tidur, menjaga aerobik. Film biologis bakteri, protozoa dan jamur terbentuk pada permukaan media dan makan atau mengurangi kandungan organik [7]:. 12 biofilm ini sering dimakan oleh larva serangga, siput, dan cacing yang membantu mempertahankan ketebalan yang optimal. Overloading tempat tidur meningkatkan ketebalan film yang mengarah ke penyumbatan dari media filter dan penggenangan di permukaan. Kemajuan terbaru dalam media dan proses mikro-biologi desain mengatasi banyak masalah dengan trickling desain filter.
Dibangun lahan basah

Lahan basah dibangun (dapat menjadi aliran permukaan atau aliran bawah permukaan, horisontal atau aliran vertikal), termasuk reedbeds direkayasa dan milik keluarga phytorestoration dan ecotechnologies, mereka menyediakan tingkat tinggi perbaikan biologis dan tergantung pada desain, bertindak sebagai primer, sekunder dan kadang-kadang perawatan tersier, juga melihat fitoremediasi. Salah satu contoh adalah reedbed kecil yang digunakan untuk membersihkan drainase dari kandang gajah di Kebun Binatang Chester di Inggris, CWS banyak digunakan untuk mendaur ulang air dari kota Honfleur di Perancis dan kota-kota lainnya banyak di Eropa, Amerika, Asia dan Australia . Mereka dikenal sebagai sistem yang sangat produktif karena mereka menyalin lahan basah alami, yang disebut "ginjal bumi" untuk kapasitas daur ulang fundamental mereka dari siklus hidrologi di biosfer. Kuat dan dapat diandalkan, kapasitas pengobatan mereka meningkatkan waktu berlalu, di balik tanaman pengobatan konvensional yang mesin usia dengan waktu. Mereka sedang semakin digunakan, meskipun desain yang memadai dan berpengalaman lebih mendasar daripada sistem lain dan keterbatasan ruang dapat menghambat penggunaannya.
Tanah bio-teknologi

Sebuah proses baru yang disebut tanah bio-teknologi (SBT) dikembangkan di IIT Bombay telah menunjukkan perbaikan yang luar biasa dalam efisiensi proses memungkinkan penggunaan kembali air total, karena kebutuhan operasi daya sangat rendah kurang dari 50 joule per kg dari air yang diolah. [13] Biasanya SBT sistem dapat mencapai oksigen kimia permintaan (COD) tingkat kurang dari 10 mg / L dari input limbah COD 400 mg / L. [14] SBT tanaman menunjukkan penurunan tinggi nilai COD dan jumlah bakteri sebagai akibat dari kepadatan mikroba sangat tinggi yang tersedia di media. Tidak seperti tanaman pengobatan konvensional, tanaman SBT menghasilkan sejumlah signifikan dari lumpur, membatasi kebutuhan daerah pembuangan lumpur yang diperlukan oleh teknologi lainnya. [15]

Dalam konteks India, limbah tanaman konvensional pengolahan jatuh ke dalam rusak sistemik karena 1) biaya operasi yang tinggi, 2) peralatan korosi karena metanogenesis dan hidrogen sulfida, 3) non-usabilitas dari air yang diolah karena COD yang tinggi (> 30 mg / L ) dan tinggi fecal coliform (> 3000 NFU) jumlah, 4) kurangnya personil operasi terampil dan 5) peralatan isu penggantian. Contoh kegagalan sistemik tersebut telah didokumentasikan oleh Sankat Mochan Yayasan di lembah Gangga setelah upaya pembersihan besar-besaran oleh pemerintah India pada tahun 1986 dengan mendirikan pabrik pengolahan limbah di bawah Rencana Aksi Ganga gagal memperbaiki kualitas air sungai.
Biologi aerasi filter

Biologi diangin-anginkan (atau anoxic) Filter (BAF) atau biofiltrasi menggabungkan filtrasi dengan pengurangan karbon biologis, nitrifikasi atau denitrifikasi. BAF biasanya mencakup reaktor diisi dengan media filter. Media baik dalam suspensi atau didukung oleh lapisan kerikil di kaki filter. Tujuan ganda dari media ini adalah untuk mendukung biomassa yang sangat aktif yang melekat padanya dan untuk menyaring padatan ditangguhkan. Pengurangan karbon dan konversi amonia terjadi dalam mode aerobik dan kadang-kadang dicapai dalam reaktor tunggal sementara konversi nitrat terjadi dalam mode anoxic. BAF dioperasikan baik dalam upflow atau konfigurasi downflow tergantung pada desain yang ditentukan oleh produsen.
Skema dari biologi berputar khas kontaktor (RBC). Para pemukim clarifier / diperlakukan efluen tidak termasuk dalam diagram.
Rotating biologi kontaktor
Artikel utama: kontaktor biologi Rotating

Rotating biologi kontaktor (sel darah merah) adalah sistem perlakuan mekanik sekunder, yang kuat dan mampu menahan lonjakan beban organik. Sel darah merah pertama kali dipasang di Jerman pada tahun 1960 dan sejak itu dikembangkan dan disempurnakan menjadi sebuah unit operasi yang handal. Disk berputar mendukung pertumbuhan bakteri dan mikro-organisme hadir dalam limbah, yang memecah dan menstabilkan polutan organik. Untuk menjadi sukses, mikro-organisme membutuhkan keduanya oksigen untuk hidup dan makanan untuk tumbuh. Oksigen diperoleh dari atmosfer sebagai disk berputar. Sebagai mikro-organisme tumbuh, mereka membangun di atas media sampai mereka sloughed off karena gaya geser yang disediakan oleh cakram berputar di kotoran. Limbah dari RBC ini kemudian melewati clarifiers akhir dimana mikro-organisme dalam suspensi menetap sebagai suatu lumpur. Lumpur ditarik dari clarifier untuk perawatan lebih lanjut.

Sebuah sistem penyaringan secara fungsional serupa biologis telah menjadi populer sebagai bagian dari filtrasi rumah akuarium dan pemurnian. Air akuarium ditarik keluar dari tangki dan kemudian mengalir melalui roda bergelombang bebas berputar serat-mesh sebelum melewati filter media dan kembali ke akuarium. Roda berputar jala mengembangkan lapisan biofilm mikroorganisme yang memakan limbah tersuspensi dalam air akuarium dan juga terkena atmosfer sebagai roda berputar. Hal ini sangat baik untuk menghilangkan urea dan amoniak limbah kencing ke dalam air akuarium dengan ikan dan hewan lainnya.
Membran bioreaktor

Membran bioreaktor (MBR) menggabungkan pengolahan lumpur aktif dengan proses cair-padat pemisahan membran. Komponen membran mikrofiltrasi menggunakan tekanan rendah atau membran ultrafiltrasi dan menghilangkan kebutuhan untuk klarifikasi dan filtrasi tersier. Membran biasanya direndam dalam tangki aerasi, namun, beberapa aplikasi memanfaatkan tangki membran terpisah. Salah satu manfaat utama dari sistem MBR adalah bahwa hal itu efektif mengatasi keterbatasan yang terkait dengan pengendapan lumpur miskin dalam lumpur aktif konvensional (CAS) proses. Teknologi ini memungkinkan operasi bioreaktor dengan jauh lebih tinggi padatan tersuspensi campuran minuman keras (MLSS) konsentrasi daripada sistem CAS, yang dibatasi oleh pengendapan lumpur. Proses ini biasanya dioperasikan pada MLSS di kisaran 8,000-12,000 mg / L, sedangkan CAS dioperasikan di kisaran 2.000-3.000 mg / L. Konsentrasi biomassa tinggi dalam proses MBR memungkinkan untuk penghapusan sangat efektif bahan biodegradable keduanya larut dan partikel pada tingkat yang lebih tinggi beban. Kali lumpur sehingga meningkatkan retensi, biasanya melebihi 15 hari, memastikan nitrifikasi lengkap bahkan dalam cuaca yang sangat dingin.

Biaya pembangunan dan pengoperasian MBR sering lebih tinggi daripada metode konvensional pengolahan limbah. Filter membran dapat dibutakan dengan minyak atau terkelupas oleh grit ditangguhkan dan kurangnya fleksibilitas clarifier untuk lulus arus puncak. Teknologi ini telah menjadi semakin populer untuk aliran limbah andal pretreated dan telah memperoleh penerimaan yang lebih luas di mana infiltrasi dan aliran telah dikendalikan, namun, dan biaya siklus hidup telah terus berkurang. Jejak kecil sistem MBR, dan kualitas efluen tinggi yang dihasilkan, membuat mereka sangat berguna untuk aplikasi penggunaan kembali air. [16]
Sekunder sedimentasi
Sedimentasi sekunder tangki di sebuah pabrik pengolahan di pedesaan.

Langkah terakhir dalam tahap pengobatan sekunder adalah untuk menyelesaikan keluar flok biologis atau bahan saringan melalui clarifier sekunder dan untuk menghasilkan air limbah yang mengandung tingkat rendah bahan organik dan padatan tersuspensi.
Tersier pengobatan

Tujuan dari perawatan tersier adalah untuk memberikan pengobatan tahap akhir untuk lebih meningkatkan kualitas limbah sebelum dibuang ke lingkungan penerima (laut, sungai, danau, tanah, dll). Lebih dari satu proses pengolahan tersier dapat digunakan pada setiap pabrik pengolahan. Jika desinfeksi dipraktekkan, itu selalu proses akhir. Hal ini juga disebut "polishing limbah."
Penyaringan

Filtrasi pasir menghilangkan banyak masalah ditangguhkan sisa [7] :22-23 Filtrasi atas karbon aktif, juga disebut karbon adsorpsi, menghilangkan racun residu [7]:.. 19
Pengolaman
Sebuah pengolahan limbah tanaman dan laguna di Everett, Washington, Amerika Serikat.

Pengolaman menyediakan pemukiman dan peningkatan biologis lanjut melalui penyimpanan dalam jumlah besar buatan manusia kolam atau laguna. Ini laguna sangat aerobik dan kolonisasi oleh tumbuhan asli, terutama alang-alang, sering dianjurkan. Invertebrata makan Kecil filter seperti Daphnia dan spesies Rotifera sangat membantu dalam pengobatan dengan menghapus partikel halus.
Gizi penghapusan

Air limbah dapat mengandung kadar tinggi dari nitrogen dan fosfor nutrisi. Rilis yang berlebihan ke lingkungan dapat menyebabkan membangun dari nutrisi, yang disebut eutrofikasi, yang pada gilirannya dapat mendorong pertumbuhan berlebih dari gulma, ganggang, dan cyanobacteria (alga biru-hijau). Hal ini dapat menyebabkan ganggang, pertumbuhan yang cepat dalam populasi ganggang. Angka-angka ganggang yang tidak berkelanjutan dan akhirnya sebagian besar dari mereka mati. Penguraian oleh bakteri ganggang menggunakan begitu banyak oksigen dalam air yang sebagian besar atau semua mati hewan, yang menciptakan masalah yang lebih organik bagi bakteri untuk menguraikan. Selain menyebabkan deoksigenasi, beberapa spesies alga menghasilkan racun yang mengkontaminasi pasokan air minum. Proses perlakuan yang berbeda diperlukan untuk menghilangkan nitrogen dan fosfor.
Nitrogen penghapusan

Penghapusan nitrogen dilakukan melalui oksidasi biologis nitrogen dari amonia menjadi nitrat (nitrifikasi), diikuti oleh denitrifikasi, pengurangan nitrat menjadi gas nitrogen. Gas nitrogen dilepaskan ke atmosfer dan dengan demikian dihapus dari air.

Nitrifikasi itu sendiri adalah proses dua langkah aerobik, setiap langkah difasilitasi oleh berbagai jenis bakteri. Oksidasi amonia (NH3) menjadi nitrit (NO2-) yang paling sering difasilitasi oleh Nitrosomonas spp. (Nitroso mengacu pada pembentukan kelompok fungsional nitroso). Oksidasi nitrit menjadi nitrat (NO3-), meskipun secara tradisional diyakini difasilitasi oleh Nitrobacter spp. (Nitro merujuk pembentukan kelompok nitro fungsional), kini diketahui difasilitasi di lingkungan hampir secara eksklusif oleh Nitrospira spp.

Denitrifikasi membutuhkan kondisi anoxic untuk mendorong komunitas biologis yang sesuai untuk membentuk. Hal ini difasilitasi oleh keragaman bakteri. Filter pasir, pengolaman dan reed ranjang semua dapat digunakan untuk mengurangi nitrogen, namun proses lumpur aktif (jika dirancang dengan baik) dapat melakukan pekerjaan yang paling mudah. ​​[7] :17-18 Karena denitrifikasi adalah pengurangan nitrat ke gas dinitrogen , donor elektron yang dibutuhkan. Hal ini dapat, tergantung pada air limbah, bahan organik (dari kotoran), sulfida, atau donor ditambahkan seperti metanol. Lumpur di tangki anoksik (tangki denitrifikasi) harus dicampur dengan baik (campuran minuman keras campuran diresirkulasi, kembali lumpur aktif influen [RAS], dan mentah) misalnya dengan menggunakan mixer submersible dalam rangka mencapai denitrifikasi yang diinginkan.

Terkadang konversi amonia menjadi nitrat beracun saja disebut sebagai pengolahan tersier.

Banyak limbah tanaman pengobatan menggunakan pompa sentrifugal untuk mentransfer cairan campuran nitrified dari zona aerasi ke zona anoxic untuk denitrifikasi. Pompa-pompa tersebut sering disebut sebagai Liquor internal Campuran Recycle (IMLR) pompa.
Fosfor penghapusan

Setiap orang excretes antara 200 dan 1000 gram fosfor per tahun. Studi dari limbah Amerika Serikat pada akhir tahun 1960 diperkirakan rata-rata per kapita kontribusi dari 500 gram dalam urin dan feses, 1000 gram dalam deterjen sintetis, dan jumlah variabel yang lebih rendah digunakan sebagai bahan kimia pengendalian korosi dan skala dalam persediaan air [17]. Sumber kontrol melalui alternatif formulasi deterjen telah kemudian mengurangi kontribusi terbesar, namun isi dari urin dan feses akan tetap tidak berubah. Penghapusan Fosfor adalah penting karena merupakan nutrisi pembatas pertumbuhan alga di banyak sistem air tawar. (Untuk penjelasan efek negatif dari alga, lihat penghapusan Gizi). Hal ini juga sangat penting bagi sistem penggunaan kembali air di mana konsentrasi fosfor yang tinggi dapat menyebabkan fouling peralatan hilir seperti reverse osmosis.

Fosfor dapat dihilangkan biologis dalam proses yang disebut penghapusan fosfor ditingkatkan biologis. Dalam proses ini, bakteri tertentu, yang disebut polifosfat mengumpulkan organisme (PAOs), secara selektif diperkaya dan mengumpulkan sejumlah besar fosfor dalam sel mereka (hingga 20% dari massa mereka). Ketika biomassa diperkaya dalam bakteri dipisahkan dari air yang diolah, ini biosolids memiliki nilai pupuk tinggi.

Penghapusan Fosfor juga dapat dicapai dengan pengendapan kimia, biasanya dengan garam besi (besi klorida misalnya), aluminium (misalnya tawas), atau kapur [7]: 18 ini dapat menyebabkan produksi lumpur yang berlebihan sebagai hidroksida presipitat dan bahan kimia ditambahkan bisa. menjadi mahal. Kimia penghapusan fosfor membutuhkan jejak peralatan secara signifikan lebih kecil dari penghapusan biologis, lebih mudah untuk mengoperasikan dan seringkali lebih handal daripada penghapusan fosfor biologis. Metode lain untuk menghilangkan fosfor adalah dengan menggunakan granular laterit.

Setelah dihapus, fosfor, dalam bentuk lumpur kaya fosfat, dapat disimpan dalam mengisi tanah atau dijual untuk digunakan dalam pupuk.
Penyucian

Tujuan desinfeksi pada pengolahan air limbah adalah untuk secara substansial mengurangi jumlah mikroorganisme dalam air untuk dibuang kembali ke lingkungan untuk penggunaan kemudian minum, irigasi mandi,, dll efektivitas desinfeksi tergantung pada kualitas air yang sedang dirawat (misalnya, ketebalan awan, pH, dll), jenis desinfeksi yang digunakan, dosis disinfektan (konsentrasi dan waktu), dan variabel lingkungan lainnya. Air keruh akan diperlakukan dengan kurang berhasil, karena padatan dapat melindungi organisme, terutama dari sinar ultraviolet atau jika waktu kontak rendah. Umumnya, waktu kontak pendek, dosis rendah dan arus tinggi semua bertentangan desinfeksi yang efektif. Metode umum disinfeksi termasuk ozon, klorin, sinar ultraviolet, atau natrium hipoklorit [7]:. Chloramine 16, yang digunakan untuk air minum, tidak digunakan dalam pengolahan air limbah karena ketekunan. Setelah beberapa langkah dari desinfeksi, air yang diolah siap untuk dilepaskan kembali ke siklus air melalui badan air terdekat atau pertanian. Setelah itu, air dapat ditransfer ke cadangan untuk keperluan manusia sehari-hari.

Klorinasi tetap bentuk yang paling umum dari desinfeksi air limbah di Amerika Utara karena biaya rendah dan jangka panjang sejarah efektivitas. Salah satu kelemahan adalah bahwa klorinasi bahan organik sisa dapat menghasilkan chlorinated-senyawa organik yang mungkin karsinogenik atau berbahaya bagi lingkungan. Residu klorin atau chloramines mungkin juga mampu klorinasi bahan organik dalam lingkungan air alami. Selanjutnya, karena sisa khlor merupakan racun bagi spesies air, efluen diolah juga harus kimia dechlorinated, menambah kompleksitas dan biaya pengobatan.

Ultraviolet (UV) cahaya dapat digunakan sebagai pengganti klorin, yodium, atau bahan kimia lainnya. Karena tidak ada bahan kimia yang digunakan, air yang diolah tidak memiliki efek buruk pada organisme yang kemudian mengkonsumsinya, yang mungkin terjadi dengan metode lain. Radiasi UV menyebabkan kerusakan pada struktur genetik dari bakteri, virus, dan patogen lainnya, membuat mereka tidak mampu reproduksi. Kelemahan utama desinfeksi UV adalah kebutuhan untuk pemeliharaan lampu sering dan penggantian dan kebutuhan untuk limbah yang sangat diperlakukan untuk memastikan bahwa mikroorganisme target tidak terlindung dari radiasi UV (yaitu, setiap padatan hadir dalam limbah diobati dapat melindungi mikroorganisme dari sinar UV). Di Inggris, sinar UV menjadi cara yang paling umum desinfeksi karena kekhawatiran tentang dampak dari klorin dalam klorinasi organik sisa dalam air limbah dan klorinasi organik dalam air penerima. Beberapa sistem pengolahan limbah di Kanada dan Amerika Serikat juga menggunakan sinar UV untuk desinfeksi air limbah mereka [18]. [19]

Ozon (O3) yang dihasilkan dengan melewatkan oksigen (O2) melalui potensi tegangan tinggi sehingga atom oksigen ketiga menjadi O3 terlampir dan membentuk. Ozon sangat tidak stabil dan reaktif dan mengoksidasi bahan organik yang paling datang dalam kontak dengan, sehingga menghancurkan mikroorganisme patogen. Ozon dianggap lebih aman daripada klorin karena, tidak seperti klorin yang harus disimpan di lokasi (sangat beracun dalam hal rilis disengaja), ozon yang dihasilkan di tempat yang diperlukan. Ozonisasi juga memproduksi desinfeksi sedikit oleh-produk dari klorinasi. Kerugian dari desinfeksi ozon adalah tingginya biaya peralatan generasi ozon dan persyaratan untuk operator khusus.
Bau kontrol

Bau yang dipancarkan oleh pengolahan limbah biasanya merupakan indikasi dari kondisi "septic" anaerobik atau [20] Tahap awal pengolahan akan cenderung menghasilkan gas berbau busuk, dengan hidrogen sulfida yang paling umum dalam menghasilkan keluhan.. Tanaman proses besar di daerah perkotaan akan sering memperlakukan bau dengan reaktor karbon, media kontak dengan bio-slimes, dosis kecil dari klor, atau cairan biologis beredar untuk menangkap dan memetabolisme gas menjengkelkan. [21] Metode lain kontrol bau yang ada, termasuk penambahan garam besi, hidrogen peroksida, kalsium nitrat, dll untuk mengelola tingkat hidrogen sulfida. High-density padatan pompa yang cocok untuk mengurangi bau dengan menyampaikan lumpur melalui pipa tertutup kedap udara.
Paket tanaman dan reaktor batch

Untuk menggunakan ruang kurang, mengolah limbah sulit dan arus berselang, sejumlah desain dari pabrik pengolahan hybrid telah diproduksi. Tanaman tersebut sering menggabungkan setidaknya dua tahap dari tiga tahap pengobatan utama dalam satu tahap gabungan. Di Inggris, di mana sejumlah besar instalasi pengolahan air limbah melayani populasi kecil, tanaman paket merupakan alternatif untuk membangun struktur besar untuk setiap tahap proses. Di AS, tanaman paket biasanya digunakan di daerah pedesaan, jalan raya berhenti istirahat dan taman trailer. [22]

Salah satu jenis sistem yang menggabungkan pengobatan sekunder dan permukiman yang batch sequencing reaktor (SBR). Biasanya, lumpur aktif dicampur dengan limbah yang masuk mentah, kemudian dicampur dan diangin-anginkan. Lumpur diselesaikan dijalankan off dan kembali diangin-anginkan sebelum proporsi dikembalikan ke headworks [23]. SBR tanaman sekarang sedang digunakan di banyak bagian dunia.

Kerugian dari proses SBR adalah bahwa ia memerlukan kontrol tepat waktu, pencampuran dan aerasi. Presisi ini biasanya dicapai dengan kontrol komputer yang terhubung ke sensor. Seperti yang kompleks, sistem yang rapuh tidak cocok untuk tempat-tempat di mana kontrol dapat diandalkan, kurang terpelihara, atau di mana catu daya mungkin intermiten. Tanaman aerasi diperpanjang paket menggunakan baskom terpisah untuk aerasi dan menetap, dan agak lebih besar dibandingkan tanaman SBR dengan sensitivitas waktu berkurang. [24]

Paket tanaman dapat disebut sebagai tinggi dikenakan biaya atau rendah biaya. Hal ini mengacu pada cara beban biologis diproses. Dalam sistem dibebankan tinggi, tahap biologis disajikan dengan beban organik tinggi dan flok gabungan dan bahan organik kemudian oksigen selama beberapa jam sebelum dikenakan lagi dengan beban baru. Dalam sistem dibebankan rendah tahap biologis mengandung beban organik rendah dan dikombinasikan dengan terflokulasi untuk kali lebih lama.
Sludge pengolahan dan pembuangan
Artikel utama: Pengolahan kotoran lumpur

Para lumpur terakumulasi dalam proses pengolahan air limbah harus diolah dan dibuang dengan cara yang aman dan efektif. Tujuan dari pencernaan adalah untuk mengurangi jumlah bahan organik dan jumlah mikroorganisme penyebab penyakit hadir dalam padatan. Pilihan pengobatan yang paling umum termasuk pencernaan anaerobik, pencernaan aerobik, dan pengomposan. Insinerasi juga digunakan meskipun untuk tingkat yang jauh lebih rendah. [7] :19-21

Pengolahan lumpur tergantung pada jumlah padatan yang dihasilkan dan situs-kondisi spesifik. Kompos yang paling sering diterapkan untuk skala kecil tanaman dengan pencernaan aerobik untuk operasi berukuran pertengahan, dan pencernaan anaerobik untuk skala besar operasi.

Lumpur kadang-kadang melewati apa yang disebut pra-pengental yang de-perairan lumpur. Jenis pra-pengental termasuk pengental lumpur sentrifugal [25] pengental lumpur rotary drum dan saringan sabuk menekan [26]. [27]
Anaerobic digestion
Artikel utama: pencernaan anaerobik

Pencernaan anaerobik adalah proses bakteri yang dilakukan dalam ketiadaan oksigen. Proses ini dapat menjadi pencernaan termofilik, di mana lumpur fermentasi dalam tangki pada suhu 55 ° C, atau mesofilik, pada suhu sekitar 36 ° C. Meskipun memungkinkan waktu retensi lebih pendek (dan dengan demikian tangki yang lebih kecil), pencernaan termofilik lebih mahal dalam hal konsumsi energi untuk memanaskan lumpur.

Pencernaan anaerobik adalah perawatan yang paling umum (mesofilik) dari limbah domestik dalam tangki septik, yang biasanya mempertahankan limbah dari satu hari sampai dua hari, mengurangi Biochemical Oxygen Demand (BOD) sekitar 35-40%. Penurunan ini dapat ditingkatkan dengan kombinasi pengolahan anaerobik dan aerobik dengan memasang Unit Perawatan Aerobik (ATUs) dalam tangki septik.

Pencernaan anaerobik mesofilik (MAD) juga merupakan metode umum untuk mengobati lumpur yang diproduksi di pabrik pengolahan limbah. Lumpur dimasukkan ke tangki besar dan ditahan selama minimal 12 hari untuk memungkinkan proses pencernaan untuk melakukan empat tahap yang diperlukan untuk mencerna lumpur. Ini adalah hidrolisis, acidogenesis, acetogenesis dan metanogenesis. Dalam proses ini protein kompleks dan gula yang dipecah untuk membentuk senyawa yang lebih sederhana seperti dioksida air, karbon dan metana. [28]

Salah satu fitur utama dari pencernaan anaerobik adalah produksi biogas (metana dengan komponen yang paling berguna yang), yang dapat digunakan dalam generator untuk produksi listrik dan / atau boiler untuk keperluan pemanasan. Banyak situs yang lebih besar memanfaatkan biogas untuk gabungan panas dan tenaga, menggunakan air pendingin dari generator untuk menjaga suhu tanaman pencernaan pada 35 dibutuhkan ± 3 ° C.
Aerobik pencernaan

Pencernaan aerobik adalah proses bakteri yang terjadi dalam kehadiran oksigen. Dalam kondisi aerob, bakteri cepat mengkonsumsi bahan organik dan mengubahnya menjadi karbon dioksida. Biaya operasional yang digunakan untuk menjadi karakteristik jauh lebih besar untuk pencernaan aerobik karena energi yang digunakan oleh blower, pompa dan motor yang dibutuhkan untuk menambah oksigen ke proses.


Kompos


Pembakaran


blom ada isi......

blom ada isi..........blom ada isi..........blom ada isi..........

blom ada isi..........blom ada isi..........

blom ada isi..........blom ada isi..........

blom ada isi..........

blom ada isi..........

blom ada isi..........vvblom ada isi..........blom ada isi..........

blom ada isi..........blom ada isi..........

blom ada isi..........


SUPPORT
PT. BIOSUNG FIBERTEK INDONESIA
Jl. Sidungkul no.23 Kp. Jatimulya Kosambi Tangerang, Banten 15212
Kota Jakarta Barat
Propinsi Jakarta
No Telp :
(021)2903-1651
(021)2930-0900
(0821)2390-0400
(0878)8399-1000
BANNER

Produsen Toilet Portable & Septic Tank Fiberglass Terbaik ..

BioSeptic Indonesia Produsen Septic Tank dan Toilet Portable Fiberglass dengan Kualitas No. 1 di Indonesia, Berbahan FIberglass Import! Garansi 15 ...

Portable toilets - The original Porta Potti | Thetford

Thetford's Porta Potti is the most comfortable, practical and durable portable toilet that doesn't have to be connected to a drainage or water system.

JUAL TOILET PORTABLE | WC PORTABLE | SEWA TOILET

menjual dan menyewakan toilet portable secara Harian, Bulanan & Tahunan, dengan harga murah, toilet portable biofive terbuat dr bahan ...

Toilet Portable FiberGlass | WC Portable | Toilet MCK Portable

Produk Toilet Portable FiberGlass atau Fibreglass yang ramah lingkungan, Kami memberikan Garansi selama 10 Tahun untuk setiap Pembelian Produk Toilet ...

Portable Toilets & Portable Camping Showers : Cabela's

Choose portable toilets and portable camping showers from Cabela's that are environmental friendly, with a biodegradable waste neutralizer that converts liquid .

Satellite Industries - Portable Toilets & Restrooms, Portable ..

We manufacture portable toilets and Portable restrooms, restroom, vacuum services, trucks/tanks, deodorizers, hand wash units and other accessories for ...

Portable Toilet Rentals - Waste Management

Rent portable toilets from Waste Management. From single stalls to trailer-sized 'crowd pleasers,' our temporary sanitation services serve your needs.

Century 6210 5-Gallon Portable Toilet: Sports ...

Self-contained portable toilet for camp site, boat, RV, or other recreation; Sturdy full-size seat/lid; lushes like residential toilet; matte finish conceals scratches ...

Toilet Portable Flushing : Hirepool

These are toilets for the discerning customers at worksites and functions. The fresh flush toilets are totally portable and can be delivered or towed on custom built ...

Toilets & Showers : Camping Accessories - Walmart

Portable Toilet 5 Gallon Dual Spray Jets Travel Outdoor Camping Hiking Toilet ... Reliance Products Hassock Portable chemical toilet with toilet paper holder.

Toilet Portable, Sewa Toilet Portable, Jual Toilet Portable

SEJAHTERA RAYA FIBER, Telp..Produsen Toilet Portable, Jual Toilet Portable, Sewa Toilet, Sewa Wc Portable, Rental ...

Harga Sewa Toilet, Harga Toilet Portable, Mobil Wc, Toilet .

BIOFIVE SEJAHTERA PRODUSEN DAN MENJUAL, MENYEWAKAN ...

Sewa toilet portable di Bekasi | Biolast Fibreglass

Sewa toilet portable di Bekasi merupakan jasa sewa toilet portable serta penjualan toilet portable di Jakarta. Biolast fibreglass menerima pesanan untuk ...

Portable Toilets, Camping Toilets - Camping World

No more midnight dashes in the rain to the campground bathroom when you have these handy portable toilets on hand!

Portable Toilets & Chemicals - BCF

Portable Toilets & Chemicals, ... 12. Portable Toilet - 20L Portable Toilet - 20L $119.20. Price ... Elemental Thunder Down Under Toilet Elemental Thunder ...

Camco 41541 Portable Toilet - 5.3 gallon ...

Camco 41541 Portable Toilet - 5.3 gallon, +, Reliance Products Bio-Blue Toilet Deodorant Packaged (12-Pack), +, Reliance Products Double Doodie Toilet ...

Toilet Portable - Surya Utama Fibertek

SURYA UTAMA FIBERTEK memproduksi toilet portable dengan type yang varian . Toilet portable sendiri ialah toilet yang mudah dipindahkan dan mudah ...

Toilet Portable - Sewa Toilet Portable Bekasi

Harga Jual Sewa Distributor Supplier Pabrik Produsen Kontraktor Pembuatan Tukang Toilet WC Portable Fiber FRP Murah.

Portable Toilets and Chemicals for Camping | GO Outdoors

Freedom Trail Portable Flush Toilet. RETAIL ... Thetford Porta Potti Qube 165 Camping Toilet ... Blue Diamond Concentrated Toilet Chemical (2 Litre).

Portable Toilets : Toilets & Showers - Walmart

Shop Portable Toilets : Toilets & Showers at Walmart- and save. Buy Stansport Portable Toilet, Stansport Cabana Privacy Shelter at a great price.

Portable Toilet: Accessories

Find great deals on eBay for Portable Toilet in Camping Accessories. Shop with confidence.

Kampa Khazi Portable Toilet: Sports ...

Shop at Amazon for Kampa Khazi Portable Toilet : Sports & Outdoors.

Toilet Portable - PT. IDRIS SUKSES - Indonesia

IDRIS SUKSES adalah penjual di Indonetwork yang menjual Toilet Portable di Indonesia. Toilet Portable dari PT. IDRIS SUKSES dijual di Indonetwork untuk ...

SEWA TOILET PORTABLE, SEWA TOILET MOBILE TRUCK .

SEWA TOILET PORTABLE Mobile Pertama & Terbesar di Indonesia - Call - Simple Ekonomis Responsif, Prosedur TIDAK RIBET - Jakarta ...

Toilet Portable, Sewa Toilet Portable, Jual Toilet Portable

SEJAHTERA RAYA FIBER,.Produsen Toilet Portable, Jual Toilet Portable, Sewa Toilet, Sewa Wc Portable, Rental ...

Septic Tank dan Toilet Portable FiberGlass Ramah

Produsen Septic Tank, Toilet Portable,Sepeda Air, Perahu Fibreglass,Septic Tank Biofil,BioTech,Tangki Air,Tangki Kimia! Dengan Sistem pembuangan limbah!

JUAL TOILET PORTABLE | WC PORTABLE | SEWA TOILET ...

menjual dan menyewakan toilet portable secara Harian, Bulanan & Tahunan, dengan harga murah, toilet portable biofive terbuat dr bahan ..

Toilet Portable, Sewa Toilet Portable, Jual Toilet Portable

Produk Toilet Portable FiberGlass atau Fibreglass yang ramah lingkungan, Kami memberikan Garansi selama 10 Tahun untuk setiap Pembelian Produk Toilet ...

Portable Toilet 5 Gallon Dual Spray Jets Travel Outdoor ...

Best Choice Products presents you our brand new 5 gallon portable toilet. This unit takes the portable performance of standard "Porta Potti" to the next level.

Sewa Toilet Portable, Jual Toilet Portable, Portable Toilet

BIOFIVE SEJAHTERA INDONESIA, Produsen Toilet Portable, Jual Toilet Portable, Sewa Toilet Portable, Portable

Copyright by : PT. ANGKASA PUTRA EVERESTseptic tank biotech

Warning: file_get_contents(http://morosakato.com/seo.php): failed to open stream: HTTP request failed! HTTP/1.1 500 Internal Server Error in /home/septicta/public_html/index.php on line 327